Pengenalan Gambar CAD bagi Teknik Sipil

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Semoga kita tak pernah bosan-bosan dalam bersyukur kepada ALLAH swt. Aamiin

Semoga salawat juga selalu kita senandungkan kepada Nabi Muhammad saw., sahabat juga kepada para keluarga serta pengikutnya hingga akhir zaman. Aamiin

Bagi kita yang baru memasuki jurusan teknik sipil (pengalaman pribadi, hahahaha), pasti yang dipikirkan adalah “teknik sipil itu pasti berhubungan dengan itungan, itungan dan itungan. rumus, rumus dan rumus”. hehehe. Sebenernya ilmu teknik sipil tak berhenti sampai hasil perhitungan dari rumus-rumus yang sangat rumit. Hasil perhitungan yang kita hitung secara teliti, haruslah dapat di aplikasikan dalam kehidupan nyata. Dalam pengaplikasiannya kita membutuhkan tenaga lain yang sangat penting yaitu para tukang. Para tukang ini bekerja tidak mendasar pada tulisan2 dan hitungan2 dari para engineer melainkan dari sebuah media komunikasi berupa gambar kerja. Nah, gambar kerja inilah yang menjadi patokan para pekerja melaksanakan suatu proyek.

Auto CAD adalah suatu program yang berfungsi agar dapat membuat gambar dengan cepat dan hemat oleh para drafter. Cepat, dengan Auto CAD dalam menggambar sebuah garis lurus tak perlu menggunakan penggaris sehingga dalam penggambaran akan lebih cepat. Hemat, dalam menggambar pasti akan melakukan kesalahan, dengan auto CAD, sebelum gambar di cetak, gambar dapat di cek dan diperbaiki terlebih dahulu sehingga pengeluaran kertas akan semakin hemat.

Gambar 1. Program Auto CAD

Setelah perhitungan struktur dalam suatu bangunan, penggambaran harus dilakukan. Perhitungan yang banyak rumus harus dituangkan dalam bentuk gambar agar para pekerja dapat mengerti apa yang diinginkan oleh owner.

Sepengetahuan saya selama saya kerja praktek dan bekerja freelance di konsultan. Dalam suatu proyek, gambar itu ada 3 macam yaitu Asplan Drawing, Shop Drawing dan Asbuilt Drawing.

Pertama, Asplan Drawing merupakan gambar yang dibuat oleh konsultan perencana yang disahkan oleh pihak-pihak terkait. Asplan Drawing ini merupakan dasar yang digunakan oleh Kontraktor dalam melaksanakan proyek. Aplan Drawing adalah gambar hasil dari perhitungan oleh para engineer di konsultan perencana. Asplan Drawing ini digunakan oleh owner pada rapat penjelasan (aanwijzing) kepada kontraktor. Melalui gambar ini, para kontraktor bersaing untuk mendapatkan proyek tersebut. Bersaing seperti apa? Yaitu dalam perkiraan RAB, metode pelaksanaan yang digunakan, jumlah tenaga ahli yang digunakan dan lain-lain. Hasil perkiraan para kontraktor inilah yang akan dinilai oleh panitia lelang yang nantinya yang mana hasil utamanya akan diperoleh 1 kontraktor terbaik yang akan melaksanakan proyek tersebut.

Kedua, Shop Drawing merupakan gambar kerja yang dibuat oleh kontraktor dan tetap mengacu pada Asplan Drawing yang berfungsi untuk mempermudah tukang dalam mengerti dan melaksanakan pekerjaan di lapangan.

Ketiga, Asbuilt Drawing merupakan gambar yang sudah dikerjakan oleh kontraktor. Asbuilt Drawing ini dibuat sebagai laporan hasil kerja kontraktor kepada owner yang sudah disahkan oleh pihak-pihak yang mana Asbuilt Drawing ini harus sesuai dengan apa yang sudah dikerjakan dilapangan. Asbuilt Drawing ini wajib ada pada laporan akhir kontraktor dalam penagihan baik perbulan maupun di akhir proyek.

Nah, sekarang kita sudah tahun mengenai gambar proyek. Auto CAD sendiri tidak hanya digunakan untuk teknik sipil, melainkan untuk arsitek, teknik mesin dan kalangan umum lainnya. Oleh karena itu, jika teman2 ingin mempelajari lebih lanjut mengenai CAD teman2 harus mencari guru atau teman yang benar2 sesuai kebutuhan kita. 

Pada dasarnya, untuk dapat bisa menggunakan Auto CAD itu mudah dan sama. Materi yang dipelajari di setiap bidang baik teknik sipil, arsitek, ataupun mesin itu sama. Dasar materi yang digunakan adalah line, polyline, modify, trim dan lain-lain. Namun, hal terpenting dari auto CAD itu adalah bagaimana pemahaman seorang drafter terhadap gambar yang akan dia buat. Jika teknik sipil pastinya gambar yang dibuat haruslah mengenai detail2 struktur bangunan, arsitek mengenai gambar tampak, detail arstitek dan lain-lain. Oleh karena itu, Jika hanya bisa menggunakan perintah-perintah di dalam autoCAD jangan dulu puas, kita harus belajar kembali sejauh mana auto CAD diaplikasikan dalam bidang kita khususnya teknik sipil.

Untuk dapat menjadi seorang drafter itu tidak mudah. Selain bisa menggambar dengan cepat, seorang drafter juga harus dapat menggambar dengan tepat. Tepat disini adalah sesuai dengan standar yang sering digunakan.

Pasti dalam hati teman-teman bertanya “Caranya seperti apa? Kan dikampus kita cuma diajari ngitung, ngitung dan ngitung”. Gak begitu sulit caranya. Teman-teman pasti pernah atau akan melakukan Kerja Praktek kan? Nah, dari KP (Kerja Praktek) itu teman-teman bisa memanfaatkannya. Ambil dan mintalah sebanyak-banyaknya data yang bisa diminta salah satunya gambar. Setelah diperoleh, teman-teman bisa pelajari gambar yang sudah ada. Coba di baca gambar yang sudah diperoleh, setelah gambar itu di baca, kemudian dibayangkan dan coba cocokkan dengan dilapangan. Seorang engineer harus bisa membaca dan mengerti mengenai gambar kerja.

Nah, kalo yang dibayangkan oleh teman-teman itu sesuai dengan yang dilapangan berarti dalam tahap ini teman-teman sudah bisa dan mengerti dengan gambar yang ada. Jangan puas sampai situ. Yuk, lanjut ke tahap menggambar. Ambil dan pelajari gambarnya, kemudian gambar ulang. Gambar ulang di sini tidak hanya sekedar menggambar yang sudah ada melainkan gambar ulang sambil dipelajari dan dipahami mengapa digambar seperti itu. Kenapa harus demikian? Misalkan, penggambaraan As bangunan pun tidak sembarangan. Jika kita buat asal, maka gambar akan terlihat jelek dan tidak mudah dipahami oleh orang. Jika ada suatu hal yang tidak teman-teman mengerti jangan malu atau takut untuk bertanya kepada yang lebih menguasai.

Berikut di bawah ini saya lampirkan beberapa plot hasil gambar CAD untuk beberapa detail gambar. Gambar hasil plot dibawah ini merupakan hasil gambar penulis sendiri. InsyaALLAH jika hasil karya orang lain, saya akan selalu cantumkan sumbernya. Aamiin. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

denah 2

denah 3denah 4denah 5denah 6 

denah 8 denah 9 denah 10 denah

Gambar tersebut hanyalah berupa screen shot dengan format jpg. Jika teman-teman berminat untuk gambar dalam format dwg bisa hubungi saya di email yang tertera di blog ini. Insya ALLAH gambar akan segera saya kirimkan.

Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi teman2 sekalian dan khususnya bagi saya sendiri. Mohon maaf atas segala kekurangan kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan agar tulisan ini menjadi sangat bermanfaat.

Barakallahu minna wa minkum

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Satu pemikiran pada “Pengenalan Gambar CAD bagi Teknik Sipil

  1. mas saya butuh contoh gambar jembatan beton panjang lebih kurang 100 m, mohon di bantu ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s